Produk KTA Semakin Digemari Masyarakat

Produk KTA Semakin Digemari Masyarakat

Selasa,  16 Agustus 2016  −  07:00 WIB

 

PRODUK Kredit Tanpa Agunan (KTA) salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas pinjaman perbankan tanpa jaminan, terus dibutuhkan masyarakat karena fleksibel dalam penggunaannya. Namun masyarakat juga harus memperhatikan banyak hal sehingga penggunaannya tepat sasaran.

Perencana keuangan dari Finansia Consulting Eko Endarto mengatakan produk KTA memiliki kelebihan antara lain lebih gampang untuk merencanakan pembayaran karena kepastian angsuran. Nasabah mudah mengatur waktu pinjaman yang ingin diambil. Selain itu persyaratan yang mudah seperti hanya data penghasilan dan kepastian pembayaran.

“Produk KTA lebih mudah dibandingkan pinjaman rumah atau bisnis. Nasabah juga dituntut untuk berkomitmen dalam melakukan pembayaran,” ujar Endarto saat dihubungi Koran Sindo, Senin (15/8/2016).

Dia menjelaskan produk KTA digemari orang karena bisa untuk keperluan apa saja. Kemudian nasabah bisa menghitung berapa kemampuan bayarnya jadi juga membuat berani untuk ambil. Produk KTA saat ini telah semakin meluas khususnya akses untuk nasabah yang menginginkan. Bank memberikan range pendapatan yang rendah dibandingkan sebelumnya, sedangkan pelayanan dan besaran bunga hampir sama.

“Dalam kondisi ekonomi lemah seperti sekarang maka segmen konsumer akan dinaikkan seperti KPR, mobil, KTA, kartu kredit dibanding korporasi. Namun bunga KTA memang lebih tinggi dibandingkan kredit rumah atau pinjaman bisnis karena tidak ada jaminan yang diberikan,” ujarnya.

Dia menjelaskan konsep utang itu ialah bagaimana kemampuan kita membayarnya. Janganlah kita memilih tenor pendek tapi hidup menjadi tidak nyaman. Intinya jangan sampai utang sebesar 80% dari penghasilan. Itu bisa berbahaya. “Itu kelebihan KTA karena bisa disesuaikan dengan kemampuan dan direncanakan untuk cicilannya. “Lebih baik agak panjang asalkan bisa bayar. Memang lebih besar bunga tapi itu risiko pinjaman,” ujarnya.

Dia mengingatkan karakter KTA memiliki bunga yang cukup tinggi karena tanpa jaminan. Karena itu nasabah harus perhatikan meminjam untuk keperluan sangat penting atau mendesak. Sehingga penggunaan KTA bukan sebagai langkah pertama. Dia menyarankan nasabah menggunakan untuk keperluan seperti membayar utang yang lebih tinggi bunganya. Hal ini mengingat kartu kredit memiliki bunga tinggi setiap tagihannya. Karena cukup besar, maka bisa dibayar dulu dengan KTA. (Sumber : Sindonews.com)

Dipost Oleh Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar